Minggu, 06 Desember 2009

PERGERAKAN MAHASISWA MUNDUR TERATUR DAN HILANG

Apa itu pergerakan mahasiswa ??? mungkin teman-teman pasti tahu pengertian ataupun definisi nya secara universal. Pergerakan mahasiswa itu sendiri secara dominan dan umum dimotori oleh organisasi kemahasiswaan baik itu intra maupun extra kampus. Motor penggerak itu harus kuat untuk melakukan pergerakan mahasiswa yang efektif. Namun, saat ini saya merasa pergerakan mahasiswa itu sudah mulai berkurang kekuatannya dan mundur teratur. Hal itu sendiri dimulai dari organisasi kampus yang sepertinya kehilangan jiwa-jiwa militan dalam berjuang. Dalam hal ini saya contohkan organisasi intra kampus DEMA JUSTICIA FH UGM. Mengapa saya mengambil contoh DEMA JUSTICIA ??? karena saya anggap BEM Fakultas yang paling aktif militan dalam berjuang di UGM adalah DEMA JUSTICIA dari pada BEM Fakultas lainnya.
Terkait dengan hal ini beberapa waktu yang lalu ada teman yang bertanya kepada saya “ .....kamu tahun, depan masih tetap di DEMA gak ??? “. Sebelum saya menjawab pertanyaan teman saya tersebut, saya balik bertanya kepada dia “ kalau kamu gimana ??? “. Lalu kemudian dia menjawab “ aku mau berhenti dulu ingin istirahat dan konsen dengan kegiatan lain”. Saya terkejut mendengar jawaban teman saya tersebut karena dalam pandangan saya, dia adalah sosok mahasiswa pergerakan yang aktif dalam berkarya dan juga secara umum selalu mengikuti kegiatan yang diadakan oleh DEMA JUSTICIA. Memang hak seseorang untuk ikut ataupun tidak dalam suatu pergerakan mahasiswa, sehingga secara sadar saya tetap menghormati keputusan teman saya tersebut sebagai suatu pilihan dengan tidak menghalang-halangi ataupun menyanggahnya. Disisi lain saya juga banyak melihat teman-teman yang tadinya aktif di DEMA JUSTICIA, namun lama-kelamaan teman-teman saya tersebut seperti menghilang dari peredaran dan tersisih karena “seleksi alam” entah itu karena kesibukan kuliah ataupun kesibukan lainnya.
Namun disatu sisi juga masih ada teman-teman lain yang selalu menjaga komitmen untuk selalu menjaga hidupnya api semangat pergerakan mahasiswa di DEMA JUSTICIA. Dimasa penghujung kepengurusan DEMA JUSTICIA ini semoga teman-teman semua masih tetap semangat membuat suatu hal yang berguna bagi kita sendiri maupun orang lain. Tulisan ini merupakan ungkapan pikiran seorang mahasiswa akankah pergerakan mahasiswa itu terutama DEMA JUSTICIA akan mundur teratur dan hilang atau akan bertahan menghadapi banyak tantangan yang menghadang.
Dalam tulisan ini saya juga menekankan beberapa poin. Pertama hidup itu adalah pilihan, sebagai mahasiswa memiliki hak untuk memilih jalannya masing-masing. Kedua untuk mencapai suatu kesuksesan dan melakukan hal yang baik serta berguna itu adalah hal yang tidak mudah banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Ketiga tulisan ini tidak bermaksud mendeskreditkan seseorang ataupun beberapa orang, tulisan ini murni ungkapan pikiran saya tentang pergerakan mahasiswa terutama DEMA JUSTICIA. Keempat berharap kepada teman-teman semua untuk tetap berkontribusi di DEMA JUSTICIA baik itu secara langsung maupun tidak langsung, baik sebagai pengurus maupun bukan sebagai pengurus agar DEMA JUSTICIA dapat tetap berjaya sebagai suatu pergerakan mahasiswa. Kelima saya bukan sosok yang sempurna dan munafik, kontribusi saya untuk DEMA JUSTICIA juga saya rasa terbatas, entah karena ada halangan kepentingan pribadi, keluarga atau teman. Keenam memohon maap kepada teman-teman sekalian jika kiranya tulisan saya ini tidak berkenan dihati teman-teman sekalian dan mohon saran kritik dan komennya. Semoga pergerakan mahasiswa tidak mundur teratur dan hilang, namun malah sebaliknya semakin mantap maju kedepan dan berjaya terutama DEMA JUSTICIA.
Terima kasih

Diakhir tulisan ini saya ingin menyanyikan sebuah lagu perjuangan mahasiswa yang menggetarkan hati kita setiap kita aksi........

DARAH JUANG....
Disini negeri kami tempat padi terhampar
samudranya kaya raya tanah kami subur tuhan
dinegeri permai ini berjuta rakyat bersimbah luka
anak kurus tak sekolah pemuda desa tak kerja
mereka dirampas haknya tergusur dan lapar
bunda relakan darah juang kami untuk membebaskan rakyat
mereka dirampas haknya tergusur dan lapar
bunda relakan darah juang kami
padamu kami berjanji
padamu kamiii berjanji.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar