Sabtu, 14 Maret 2009

NIAT, USAHA DAN DOA UNTUK MENCAPAI SUATU TUJUAN

Dari setiap orang di seluruh indonesia maupun dunia ini pasti mempunyai keinginan untuk mewujudkan suatu tujuan. Berbagai macam cara dilakukan seseorang untuk mewujudkan suatu tujuan tersebut, mulai dari cara yang positif maupun negatif. Sebenarnya untuk mewujudkan suatu tujuan itu kita hanya membutuhkan tiga hal yang menurut saya sangat fundamental. Tiga hal tersebut yaitu niat, usaha dan doa. Mengapa saya mengatakan bahwa tiga hal tersebut penting dalam mewujudkan suatu tujuan ? hal itu karena tiga hal tersebut saling berkaitan erat dan adanya sinkronisasi dari ke tiga hal itu. Dari ketiga hal itu saya akan menjelaskan satu persatu, yang pertama adalah niat.
Niat disini adalah hal pertama kali yang harus dilakukan seseorang jika ingin mencapai suatu tujuan. Tanpa ada niat maka nanti pasti apa yang kita lakukan akan sia-sia karena tidak ada pendirian yang teguh untuk mencapai tujuan tersebut. Pada waktu SMP dulu, saya pernah mendapatkan sebuah nasehat dari guru saya, Ibu Sri Kanthi. Beliau berkata bahwa “ Jika kamu ingin melakukan sesuatu untuk mewujudkan suatu tujuan, maka awalilah dengan niat karena jika kamu telah mempunyai niat maka usaha kamu untuk mewujudkan suatu tujuan itu akan lebih maksimal”. Hingga kini perkataan guru saya tersebut masih saya ingat karena beliau adalah motivator belajar saya ketika saya akan mengikuti Ujian Nasional SMP. Misal saja kita akan melakukan sholat pasti sebelumnya kita diwajibkan niat terlebih dahulu, jika tidak maka sholat kita tidak sah.
Hal yang kedua adalah usaha, hal ini tidak kalah pentingnya dengan niat. Usaha disini ada yang berbentuk positif dan berbentuk negatif, namun jika bisa janganlah kita berusaha dengan jalan negatif karena hal itu tidak akan mendapatkan ridhlo Allah SWT. Dalam melakukan usaha janganlah kita melakukannya dengan setengah-setengah, usahakan kita melakukannya dengan semaksimal mungkin. Namun janganlah terlalu berharap kepada usaha yang kita lakukan, karena tidak sepenuhnya usaha yang kita lakukan itu sesuai dengan harapan kita. Jadi buatlah alternatif, jika usaha yang kita lakukan tersebut hasilnya kurang memuaskan atau tidak maksimal. Misalnya saya dari SMA bercita-cita untuk dapat menjadi taruna Akmil, namun usaha pertama saya gagal karena saya telat mendaftar. Selanjutnya usaha kedua saya gagal juga karena pada tahun tersebut Akmil tidak menerima jurusan IPS. Dari situlah saya berfikir bahwa jalan saya bukan melalui Akmil, jadi saya hentikanlah usaha saya untuk mendaftar Akmil.
Hal yang terakhir adalah doa, ini merupakan pelengkap dari ketiga hal tersebut, namun jangan ditinggalkan karena tanpa doa kita merasa kurang sesuatu hal. Saya yakin bahwa doa yang baik- baik kita yang baik itu pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Untuk diwujudkannya doa kita itu tidak mungkin hanya dilakukan dengan berdoa saja, namun juga harus selalu beribadah, melaksanakan perintahnNya serta menjauhi laranganNya. Misalnya saya pada waktu akan menghadapi Ujian Nasional, saya selalu berdoa agar diberi kelulusan dan selalu berusaha beribadah. Dan Alhamdulilah Allah SWT mengabulkan doa saya, hal itu sangat saya syukuri. Jadi demikianlah ungkapan saya mengenai apa yang harus dilakukan seseorang untuk mewujudkan suatu tujuan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman, saudara-saudari dan pembaca sekalian......amin ya robbal alamin.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar