Sabtu, 21 Maret 2009

MENGAPA RAKYAT MEMILIH GOLPUT DALAM PEMILU ???

Pemilu 2009 merupakan pemilu yang panas menurut banyak orang, karena di pemilu ini adanya saingan yang ketat antara parpol maupun capres ataupun cawapres yang berpartisipasi untuk berkuasa. Sehingga dalam pemilu 2009 ini banyak parpol dan caleg yang berlomba-lomba untuk mendapatkan simpati dari konstituen. Untuk mendapatkan simpati itu banyak cara yang dilakukan oleh parpol maupun para caleg. Dalam minggu ini kampanye terbuka telah dilakukan oleh berbagai parpol. Kegiatan kampanye yang dilakukan parpol-parpol tersebut antara lain mengadakan rapat akbar dengan menghadirkan jurkam nasional dan artis-artis, mengadakan kegiatan sosial di panti asuhan, mengadakan pawai dijalan dll.
Tujuan utama parpol mengadakan kegiatan-kegiatan tersebut adalah agar pemilih, memilih parpolnya. Namun semua kegiatan yang diadakan tersebut menurut saya hanya memikat simpati pemilih sementara waktu saja dan tidak tetap atau tidak permanen hingga pemungutan suara dilakukan. Dengan kata lain seseorang itu dapat berubah-ubah pilihannya ataupun tidak menggunakan hak pilihnya. Mungkin dari sebagian orang, jika ditanya akan menggunakan hak pilihnya atau tidak dalam pemilu, orang itu menjawab tidak. Hal seperti sudah lumrah terjadi di negeri ini karena banyak orang yang sudah tidak percaya lagi kepada parpol-parpol yang ada saat ini. Mungkin dari sebagian orang itu berpikir bahwa parpol-parpol yang ada saat ini banyak yang hanya mengumbar hal-hal yang baik dan bagus dimata masyarakat.
Namun nanti pada kenyataannya jika partai tersebut telah menang pemilu maka hal-hal baik dan bagus yang diumbar saat kampanye tersebut akan sulit diwujudkan secara nyata. Disamping itu juga rakyat merasa tidak adanya perubahan yang signifikan terhadap keadaan sebelum-sebelumnya. Apalagi saat ini banyak sekali kontestan parpol yang mengikuti pemilu 2009 ini, sehingga banyak pula caleg yang ada untuk dipilih mulai dari caleg DPRD TK II, DPRD TK I, DPR Pusat dan DPD. Ditambah lagi banyaknya masyarakat yang tidak tahu atau mengenal caleg yang akan dipilih nanti. Hal seperti ini menurut saya yang membuat bingung masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya
Jadi mungkin hal-hal itu yang mendasari mengapa banyak orang yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu atau memilih golput. Seharusnya hal seperti ini yang harus dihilangkan dalam pandangan masyarakat. Satu suara itu penting bagi parpol maupun caleg yang sedang berkompetisi dilaga pemilu 2009 ini. Satu hal yang harus diingat oleh pemilih yang telah berhak memilih bahwa suara kita itu juga menentukan nasib bangsa kita kedepan. Sehingga janganlah kita sia-siakan suara kita dengan memilih golput atau memilih dengan sembarangan. Dengan menyalurkan hak pilih secara baik dan benar, kita turut menentukan nasib bangsa kita kedepan, apakah akan lebih baik atau lebih bobrok???

1 komentar:

  1. yang jelas bangsa ini belum siap dengan pemilu semacam ini, mau dibuat sperti apapun klo masyarakatnya masih seperti sekarang, pemilu di negara ini tidak akan pernah efektif.

    BalasHapus